Catatan tumpahan ego yang mulai meleleh lewat kuping

Friday, April 01, 2005

Kata Kata

Kata adalah benda paling berkuasa yang pernah disebut manusia alam. Pernahkah seseorang menggali kekuatan kata-kata, mencari makna tanpa tercemari oleh interpretasi? Definisi adalah pemancungan makna kata-kata. Mungkin hanya seorang Sutardji Calzoum Bachri yang pernah memeluknya.

Kata satu media yang paling kuat dalam mempertukarkan isi kepala, kepala emosi maupun kepala logika. Siapa bilang satu gambar lebih menggambarkan daripada seribu kata? Pernah lihat foto pulitzer di vietnam, The Saigon Executioner? Apa yang Anda pikir saat melihat foto itu? Apakah foto itu lebih menggambarkan seribu kata? Siapa yang bisa menerangkan bahwa pengambil foto adalah Eddie Adams, dan penembaknya adalah Nguyen Ngoc Loan? Apakah gambar itu menjelaskan bahwa sang jendral melakukan eksekusi karena sang tahanan sebelumnya membunuhi keluarganya? Apakah foto itu menerangkan bahwa bertahun-tahun setelah itu, sang fotografer dan sang eksekutor bersahabat baik?

Tidak ada yang mengalahkan kata-kata.

Bahkan Tuhan memperkenalkan diri-Nya lewat kata-kata.

3 Comments:

Blogger mpokb said...

wah, ini bisa jadi bahan diskusi yg menarik.. aye gak pernah berpikir seperti ini. lewat kata-kata kita bisa menyelam, jauh lebih dalam daripada sekadar melihat tampilan visual, dan kemudian membuat visualisasi sendiri :) tapi kata-kata pun sama seperti gambar, bisa melahirkan banyak tafsir, tergantung interpretasi kita, bukan?
-->nice post :)

ps: makasih banget link-nya, akan aye bookmark :)

1:45 PM

 
Blogger mpokb said...

ternyata saya berhadapan dengan 'pakar' adventure dan sar.. salut baca kisah2nya. thx again :)

11:58 AM

 
Blogger fade2blac said...

mpok, aye bukan pakar.. itu cuma sekilas kilas aje, buat menghibur mpok yang ngkali lagi sibuk menyelaraskan teks pelem.. :)

5:45 PM

 

Post a Comment

<< Home